Pages

6.9.11

Mira Lesmana Bercerita Tentang AADC?




  • Okeee tweeeps, sesuai janji, gw akan tweet tentang perjalanan film ADA APA DENGAN CINTA? - penggemar #AADC? hadir? :p
  1. Ide film #AADC? muncul krn gw pengen bikin film putih abu2, krn gw gak prnh ngerasain pake seragam putih abu2, hehe. SMA merantau ke Oz!
  2. Judul #AADC? ada duluan daripada ceritanya :p Ini krn @rizariri pernah punya cerita yg karakter ceweknya namanya Cinta. I LIKE :)
  3. Thn 2000 stlh @petualangansherina , @rizariri akan berangkat ke London utk S2-nya. Sblm dia cabut, kita cari calon sutradara buat #AADC?
  4. Kita smpt nonton film Bintang Jatuh yg disutradarai oleh org yg rada gila mempromosikan film digital, namanya @rudisoedjarwo :p #AADC?
  5. Gw & @rizariri lalu ngajak @rudisoedjarwo ngopi bareng untuk bicara kemungkinan kerja bareng di #AADC?
  6. Hasil ngopi2 dgn @rudisoedjarwo : malah ngomongin band-nya yg dia tinggalin sbg drummer & digantikn @rizariri ! Bandnya apa Jo, Ri? #AADC?
  7. Tapi intinya, gw @rizariri @rudisoedjarwo nyambung bgt dan banyak ketawa ketiwi. A start of a good chemistry #AADC?
  8. Gw lalu mengajak sekelompok sahabat di @milesfilms untuk ikut brainstorming cerita #AADC? Siapa saja mereka?
  9. Orang2 yg gabung ini skrg sdh pada 'jadi': @agungsentausa @lasjasusatyo & @PrimaRusdi . @somemandy ikut dr awal gak ya? lupa! #AADC?
  10. Diputuskan: gw, @rizariri & @primarusdi masing2 membuat sinopsis #AADC? Briefnya simple: Putih abu2 & perempuan bernama Cinta :)
  11. Munculah 3 sinopsis: Sinopsis @primarusdi fokus pada persahabatan cewek2 di SMA, dia kasih judul “Buku Besar”. #AADC?
  12. Sinopsis @rizariri fokus pd seorang cowok bernama Rangga yg datang dr keluarga terbuang krn perbedaan ideologi politik...beuuh :p #AADC
  13. Sinopsis gw, fokus pd seorg perempuan bernama Cinta yg jatuh cinta utk pertama kalinya dgn cowok yg cuek tp doyan puisi…halaah! #AADC?
  14. Ketiga sinopsis ini lalu kita berikan kepada @rudisoedjarwo , untuk memilih mana yg dia suka. #AADC?
  15. Keputusan @rudisoedjarwo : "Gw suka tiga2nya, bisa digabungin gak?" Reseeee’ bgt!! :p #AADC?
  16. Gw lalu gabungkan ke3 ide dlm 1 sinopsis berjdl ADA APA DENGAN CINTA? & memutuskan Jujur Prananto yg akan menulis skenario #AADC?
  17. Lalu bln September 2000 @rizariri berangkat ke London & kami mulai mengembangkan skenario bersama Mas Jujur, & Riri lwt internet. #AADC?
  18. Jujur Prananto minta utk didampingi @primarusdi & Rako Prijanto dlm menulis mslh remaja ini, sbb beliau sdh merasa berumur, wkwk! #AADC?
  19. Penulisan skenario #AADC? bolak balik antara Mas Jujur, Prima/Rako dan saya sendiri, dibantu saran @rizariri dr London. #AADC?
  20. Karena dulu belum ada BBM, gw & @rizariri berkomunikasi lewat yahoo messenger :p #gakpenting #AADC?
  21. Dlm prosesnya, gw jd hapal puisi2nya Chairil Anwar & gw jd fansnya Rako Prijanto dgn puisi2nya di #AADC? "Pecahkan saja gelasnya.." ;)
  22. Setelah 9 bln & @rudisoedjarwo happy – termasuk dgn permintaan gw utk memasukan lagu PAS BAND ‘Kesepian Kita’,jadilah skenario #AADC? !
  23. Setelah skenario #AADC? selesai kami memulai proses persiapan utama: Menyusun crew inti & Casting pemain!
  24. #AADC? adalah film ke 2 @milesfilms & saat itu blm bnyk SDM crew & pemain layar lebar, krn blm banyak jg film Indonesia di bioskop :p
  25. Saat persiapan #AADC? gw ketemu Mas Arswendo Atmowiloto & dia Tanya sdg bikin film apa lagi? #selingan :p
  26. Lalu gw cerita ttg #AADC?. Katanya: “Berat, Mir! Remaja Indonesia sdh biasa nntn fim Hollywood. Kalo sampai berhasil, sy cium kamu!” #OMG
  27. Anyway, gw pengen banget punya crew2 baru, untuk menambah SDM perfilman Indonesia #caelaaa #AADC?
  28. Bergabunglah: DOP: @roylolang – ArtDirector: Anto Sinaga. Ini debut mereka di layar lebar, jg utk @rudisoedjarwo dgn film 35mm! #AADC?
  29. Ini foto kita bersama saat itu. Masih muda2 ya? :p cc @rizariri @rudisoedjarwo @roylolang #AADC? http://yfrog.com/kirnxsij
  30. Lalu @milesfilms , sambil persiapan, memutuskan utk pemanasan dgn tim ini. Kita bikin VDO clip DEWA ‘Risalah Hati’ dgn film 16mm #AADC?
  31. Kita bahkan sempat shooting dulu bersama film “Rumah KeTujuh”, yg awalnya adalah untuk FTV. #AADC?
  32. Sementara proses casting pun terus berjalan – kita pengen bgt castingnya pas dgn karakter yg tertulis & punya chemistry dahsyat. #AADC?
  33. Banyak bgt yg kita casting & bolak balik. Yg pasti sjk awal kita ingin Dian Sastrowardoyo ikut…walau awalnya bukan sebagai Cinta. #AADC?
  34. Ternyata tidak bisa tidak, Dian sastrowardoyo harus menjadi Cinta. She was perfect for the role! #AADC?
  35. Kami juga menemukan bakat2 luar biasa untuk jadi pemeran Maura, Milly, Karmen & Alya. Masih ingat siapa saja mereka? #AADC?
  36. Mereka adalah: Maura: Titi Kamal – Milly: @Sysiio - Karmen: @AdiniaWirasti - Alya: Ladya Cheryll #AADC?
  37. Yg gawat bgt, udh deket jadwal syuting, kita blm jg menemukan sosok yg pas buat meranin Rangga. Padahal tokoh ini penting bgt! #AADC?
  38. 39. Trus gimana ceritanya kt dapetin Nicholas Saputra alias @nicsap ? Tau gak awalnya dia gak mau pakai nama itu di credit title? :p #AADC?
  39. Anyway, dear tweeps, gw beneran harus lanjutin besok cerita perjalanan #AADC? ini, sebab gw mau nonton midnight niiy. Mau siap2 dulu yaa
  40. Jdwl syuting kian dekat. Para pemeran cewek sdh mulai proses ‘bonding' sbg sahabat, tp aktor buat tokoh Rangga belum juga dapat. #AADC?
  41. Tokoh Rangga ini karakter pintar, dan 'intelligent' seseorang, menurut gw, gak bisa dibohoingin lewat acting. #AADC?
  42. Gw & @rudisoedjarwo buka2 setumpuk majalah remaja, kali2 bisa ketemu. Nah, di satu halaman, gw berteriak: "Nih Rud, Rangga!" #AADC?
  43. Rudi setuju bgt. 'Matanya tajam & pintar' kata Rudi. Kita langsung minta tolong para astradara untuk mencari orang ini . #AADC?
  44. Akhirnya hasil casting datang. Gw dan Rudi putar videonya. Gw & @rudisoedjarwo bingung: "Kok, lain??" Bukan yg ini!!" #AADC?
  45. Ternyata yg di-casting cowok yg gambarnya disebelah foto cowok yg kita mau. Haiyaaaa. Dan....ternyataaa.... #AADC?
  46. Cowok yg kita mau casting itu, sdh pernah dicasting, tp untuk peran BORNE bukan RANGGA! Yup, dialah Nicholas Saputrra @nicsap :p #AADC?
  47. Kita pun casting ulang @nicsap , foto ber-ulang2: tampak samping, depan...lalu foto bersama Dian Sastrowardoyo. PERFECT :) #AADC?
  48. Dian Sastrowardoyo kebetulan hrs ke London sblm syuting dimulai. Gw titip foto2 casting itu buat @rizariri & dia juga happy! #AADC?
  49. Para pemain lengkap sudah, mereka punya sekitar 3 bulan untuk berlatih bersama @rudisoedjarwo & 3 asisten sutradaranya. #AADC?
  50. Ini dia para Astrada #AADC? - skrg semua sdh jadi sutradara : Rako Prijanto, @lasjasusatyo & Sofyan De Surza http://yfrog.com/o0bx3j
  51. Gw, @rizariri & @rudisoedjarwo mengajak Anto Hoed & Melly Goeslaw utk mengisi score & soundtrack #AADC?. Kenapa?
  52. Solo album pertama Melly dahsyat menurut kita. Anto Hoed, gw udh kenal lama, jaman kuliah di IKJ & murid alm. bokap gw, hehe #AADC?
  53. Saat syuting, Melly & Anto mengirimkan satu lagu contoh, yg gagal masuk di album pertama dia. Judulnya 'Denting". #AADC?
  54. Lagu 'Denting' nya Melly & Anto yg super galau romantis indah ini, menemani mood syuting adegan percintaan Rangga + Cinta ;) #AADC?
  55. Satu demi satu lagu2 yg sekaligus menjadi scoring film #AADC? tercipta. What a masterpiece!
  56. Gw mau sharing bbrp foto jurnal #AADC? gw ya. Ini: Gw & alm. Gito Rollies. Ingat peran dia apa? http://yfrog.com/gzpo4rmj
  57. Ini foto gw & Rako prijanto, astrada & co writer #AADC? . "Ku lari ke pantai.." itu salah satu puisi dia :) http://yfrog.com/h7afifqrj
  58. Ini Rako Prijanto & @PrimaRusdi - smua dialog legendaris sprt: "Basi! Madingnya udh terbit" itu Prima yg tulis http://yfrog.com/ntozckj
  59. Ini Gw, @rizariri & @rudisoedjarwo membahas pendekatan artistik film #AADC? #seriusss http://yfrog.com/h2x2kjtj
  60. Ada cerita dibalik buku2 yg dibaca tokoh Rangga dlm #AADC? - a.l. buku "AKU' skenario Sjumanjaya ttg Chairil anwar & 1 lagi apa ayoo..?
  61. Ceritanya begini, ada 3 perempuan romantis, galau & gila puisi dlm produksi #AADC? ini: Gw, @lasjasusatyo & @somemandy (our publicist).
  62. Kami bertiga penggemar berat Soe Hok Gie & Chairil Anwar. Dgn segala muslihat kita berhasil menyelipkan buku2 ini ke film #AADC? . Wkwk
  63. Selama proses #AADC, gw, @lasjasusatyo & @somemandy diledekin @rizariri soal romantisme GIE...eh akhirnya dia buat film 'GIE" #kualat :p
  64. Soal buku skenario"Aku" karya Sjumandjaja dlm film #AADC? , kita minta ijin sama anaknya: @aksansjuman . Langsung dikasih ijin! Muaah!
  65. Satu hal lain...masih ingat tokoh MAMET dlm film #AADC? --> ni dia orangnya: @OmDennis ! Dia masuk tanpa casting, gak ada duanya :)
  66. Ada 2 fakta yg ingin gw share. Pertama, ada satu adegan Rangga yg di shoot ulang. Ini terjadi stlh @rizariri kembali dr London. #AADC?
  67. Adegan Rangga lari mengejar oknum yg melempar bom molotov ke rumahnya harus kita syut ulang. #AADC?
  68. Yang sdh kita shoot: Rangga lari membawa parang mengejar oknum tsbt. Menurut @rizariri itu tdk sesuai dgn karakter Rangga. #AADC?
  69. Di skenario rasanya tdk apa2, tp mng stlh terekam terasa terlalu 'violent' utk tokoh Rangga. Jadi kita shoot ulang tanpa parang. #AADC?
  70. Fakta Kedua. Judul 'ADA APA DENGAN CINTA?' sempat disarankan diubah oleh seorg sahabat @MilesFilms . Boleh sy share ya Mas @Triawan ? :p
  71. Mas @Triawan , ayah dari @sherinamunaf , jelang publikasi film #AADC ? sempat memberi saran untuk mengubah judul film ini.
  72. Menurut beliau, judul film ini terlalu sulit untuk diingat orang. Terlalu panjang & banyak yang salah menyebutnya #AADC?
  73. Gw bilang ke Mas @Triawan : Film ini ada krn jdlnya. Sdh ada di kepala sblm ceritanya dibuat & smua materi publikasi sdh dicetak #AADC?
  74.  Judul tdk kami ganti. Stlh filmnya meledak, Mas @Triawan bilang: "Untung kamu gak dengerin saya, Mir !" Hehe, but u care Mas :) #AADC?
  75. Ooh, satu fakta lagi! Soal debat nama Nicholas Saputra di credit title film!! Gw sempat debat lg semalam di bbm sama dia! wkwkwk #AADC?
  76. Jelang publikasi, gw merasa namanya Nicholas terlalu 'bule" : Namanya itu Nicholas Schubring . Bener gak gw nulisnya @nicsap ? #AADC?
  77. Gw tanya ke @nicsap : 'Do u have another name?'. Dia bilang: 'Ya nama lengkap gw: Nicholas Schubring Saputra, panggilannya Niko'. #AADC?
  78. Sempat terpikir : Niko Saputra aja, @nicsap nawar: Nicholas S Saputra. Akhirnya: NICHOLAS SAPUTRA :)) Deal! #AADC?
  79. Sejak itu panggilan @nicsap di @MilesFilms kt ganti2: Si 'German Sheppard' , Si 'Takujeng', Nikles...haha. Maap Nic! #AADC? #selingan
  • Baiklah, krn mention minta #certwit (ceritatwitter :p) #AADC diterusin bnyk bgt, gw tambah 5 lg ya..trus udh. Nmrnya gw taro belakang aja :p
  1. Jelang pemutaran #AADC? di bln Februari 2002, terjadi bencana. Banjir besar genangi hampir 70% wilayah Jakarta. Kota Jakarta lumpuh.
  2. Di tgl 4 Feb 2002, kami hrs adakan pemutaran utk media di Plaza Senayam, Jakarta, pkl 10 pagi. Kami khawatir tdk ada yg datang. #AADC?
  3. Di hari pemutaran utk media ternyata ramai yg datang. Gw sendiri terjebak macet 5 jam & tak bisa tiba tepat waktu. #AADC?
  4. Lewat hp-nya, @rizariri memperdengarkan suasana penonton dlm bioskop: “Denger gak? Pada ngakak & tepuk tangan nih penontonnya!” #AADC?
  5. Di pagi Hari H premiere film #AADC, kami dpt kabar ada ratusan anak2 brseragam SMA antri utk nonton #AADC? - Astagaaa pd bolos!
  • Begitulah #certwit gw. Trimaksih sdh jd bagian dr #AADC? Mngkn pas 10 th #AADC? bln Feb 2012, kita bisa copy darat adain nonton bareng ya :)


@MirLes, 3-4 September 2011
ps: Penomoran agak beda sama tweet aslinya ya, di twit asli dari 22 langsung ke 24 dan yang bagian akhir itu aslinya ada nomor mulai (81) di belakang kalimat.

3 komentar dari orang baik :):

Agustaf Ryadi said...

Cunee.. untung gw mampir ke blog lu ya.. gw suka banget sama film ini.. makasih ya untuk tulisan 'berbagi tagar' lo yg satu ini :)

Shanti said...

Samasamaaa :)
Makasih ya Gus, ih gw seneng deh kalo ada yang komen :D

MUSLIMAH said...

Good!! Please,cariin info lg dong,katanya kemarin di ada"aja,ada juga yang berperan sebagai rangga tapi namanya bukan nicsap,please aku udah searching tapi nggak nemu" :(

 
Header Image from Bangbouh @ Flickr