Pages

4.9.11

Sudut Pandang

Taun ini lagi-lagi ada perbedaan tanggal Lebaran.

Ada yang ngeliatnya gini:

SMS-an gw dan Jati, 29 Agustus 2011
Jat, knp sih 1 syawal sk diperdebatkan gini? 1 Muharram gt kok nggak?
Nah, kita sejalan. Kalo mau berantem mestinya di 1 muharram bukan 1 syawal. Kalo tiap bulan pake hilal, maka kalender hijriah mestinya ga ada.
Sepakat. Jd blm terjawab ni knp bgini di syawal?
Sebenernya nu-muhammadiyah kan biasa begini dari dulu. Cuma dulu berhasil ditekan pemerintah supaya ga muncul ke permukaan..dan skrng gagal. 

Tweet Aldia, 30 Agustus 2011
in the name of tolerance and distrust for our Government

Kalo kamu, ngeliatnya gimana?

2 komentar dari orang baik :):

della said...

mau nyambung ym yg keputus waktu itu. mindset gw, yg namanya lebaran 'resmi' tuh ya sehari setelah puasa. jd pengumuman pemerintah klo lebaran jd rabu tuh sejujurnya 'mengacaukan' mindset gw. masa tetep puasa di saat org lebaran? jd haram bukannya? tp klo ngga puasa, masa blom lebaran? yah semacam itu lah

dan beberapa hal (sepele) bikin gw sedih sedih. kenapa?
1. 'gara2' perbedaan itu, gw ngga denger suara takbiran di senin malem, dan di selasa malem takbirannya (entah knp) ngga rame
2. 'gara2' perbedaan itu, mesjid di daerah rumah gw ngga 'menggelar' shalat ied di hari selasa, dan berhubung gw shalat ied hr selasa, rasanya jadi asing pas keluar rmh karna sepi
3. 'gara2' perbedaan itu, 'nuansa' lebarannya jd sedikit luntur karna byk yg kecewa soalnya udh nyiapin makanan buat lebaran di hr selasa. lebaran harusnya jd hr yg menyenangkan kan? bukan kekhawatiran makanan jd basi

yg bikin ganjil itu, knp ya waktu pemerintahan gusdur, baik muhammadiyah atopun NU dua2nya 'tunduk' sm lebaran yg ditetapin pemerintah?

trus sempet nonton sekilas di tv si menteri agama nentuin lebarannya kaya semacam 'voting' gitu. bener ngga si? ngga nyimak dr awal soalnya itu siarannya. men, klo bener pake 'voting', cm bs blg "ckckck"

well, sejujurnya gw ngga terlalu ngikutin soal perdebatan lebaran ini soalnya bagi gw, lebaran ya 1 syawal, terlepas hr apa. tp gw ngga setuju klo ada yg blg "ini namanya toleransi soal perbedaan" karna itu jd semacam excuse buat pemerintah untuk ngga tegas menyikapi 'keributan' soal lebaran ini. demokrasi ya demokrasi, tp mbok ya tanggung jwb nge fix in yg bener (dan jelas). masa ya udh jd masalah taunan gini ngga antisipasi jg?

well, yes, distrust for our government

Shanti said...

ini kita akhirnya udah pernah bahas lagi di YM belom sik? *hilang ingatan huhu maap ya del..*

 
Header Image from Bangbouh @ Flickr