Pages

20.7.12

Halo, Ramadhan! :)

Alhamdulillah, taun ini gw bisa ketemu Ramadhan lagi :) Seperti biasa, Ramadhan di Indonesia diwarnain sama perbedaan penentuan jatuhnya 1 Ramadhan. Ah, ga mau bahas itu di tulisan ini tapinya... karena gw mau bahas soal target ibadah Ramadhan.

Berkaca dari pengalaman taun lalu yang super kacrut karena ga punya target, taun ini gw kembali pasang target ibadah buat dilakuin selama Ramadhan. Bikin targetnya pake prinsip SMART dong pastinya. Apakah itu? Mari-mari gw jelasin buat yang belom tau..
  • Specific - Bukan cuma "tilawah yang banyak" tapi spesifik "tilawah 1 juz per hari"
  • Measurable - Targetnya harus bisa keliatan pencapaiannya. Misalnya kalo tilawah ya diliatnya dari jumlah halaman atau juz, kalo sholat Dhuha dari jumlah rakaat.
  • Attainable - Nah ini nih rada tricky ya menurut gw. Mesti pinter-pinter ngukur diri deh, biar bisa bikin target yang pas. Ga kerendahan biar cukup menantang dan bikin semangat tapi juga ga ketinggian biar ga putus asa kalo ga sampe-sampe hehe.. 
  • Relevant - Karena judulnya "target ibadah" ya berarti isinya bukan "turun sekian kilogram" dong ya ;p
  • Time bound - Buat target ibadah Ramadhan ini batas waktunya jelas ya..
Nah, buat mendukung pencapaian target ini kita perlu banget punya catetan. Biar inget targetnya apa aja dan biar tau pencapaiannya udah segimana. Cara nyatetnya terserah. Taun-taun sebelumnya gw bikin di Excel sedangkan taun ini gw pake aplikasiEvaluasi Ibadahdi HP.

Excel versi gw
Aplikasi Evaluasi Ibadah
(gambar dari sini)
Kayak yang Mimi bilang, di bulan Ramadhan ada dua hal yang bisa menguatkan tingkah laku beribadah yaitu reward yang bertebaran dan lingkungan yang mendukung. Buat gw sendiri, ngegas beribadah di bulan Ramadhan itu demi bulan Ramadhan sendiri dan demi bulan-bulan lainnya. Demi bulan Ramadhan sendiri, hmm.. ibaratnya pahala dan berkah lagi diobral nih, masa ga mau dapetin? Trus demi bulan-bulan lainnya juga, kalo di Ramadhan tingkah laku beribadahnya konsisten muncul dan dapet penguatan harusnya sih akan bertahan di bulan-bulan berikutnya. Lagian gengsi kali ga kalo lepas Ramadhan langsung los lagi ibadahnya? Hehe..

Oh iya, selain bikin target ibadah gw juga pengennya mengurangi hal-hal yang kurang bermanfaat selama Ramadhan ini. Mungkin karena ga kepotong waktu makan, gw suka ngerasa Ramadhan itu waktunya lebih luang. Kesempatan banget dong ya buat jadi lebih produktif :D Trus ya gw ngerasa sayang aja kalo di bulan yang tidur aja dapet pahala gw malah ngelakuin hal-hal yang ga jelas dan kurang bermanfaat. Jadi, doain dan ingetin gw buat ngurangin nonton Running Man dan sadar waktu kalo lagi online ya! Ngedit aja mendingan.. Huehehe..

Oh iya (lagi), sejalan sama pengen memperbanyak ngelakuin hal yang bermanfaat, insya Allah kategori Berbagi Tagar di blog ini bakal gw aktifin lagi.

Okay, mari gw tutup dengan ucapan..

Selamat menghidupkan Ramadhan! :)
Maafin gw yaa untuk perkataan dan perbuatan yang ga ngenakin selama ini

1 komentar dari orang baik :):

Anonymous said...

ah cune, baru beberapa jam yang lalu memposting hal yang senada :)

 
Header Image from Bangbouh @ Flickr